Selasa, 14 April 2009

makanan penyubur kandungan

Aneka Zat Gizi Penyubur Kandungan

—>>> lanjutan dari “anda ingin hamil”

Pola makan orang Indonesia yang menyukai sayur-sayuran sebenarnya sudah merupakan terapi yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Nah berikut ini aneka zat gizi yang dapat mendukung terjadinya pembuahan. Kita bahas satu-satu yaaaaaa…

1. KARBOHIDRAT

Sebagai zat pembangkit energi, karbohidrat diperlukan oleh pria maupun wanita. Mereka yang bugar tak bakal loyo saat melakukan aktivitas apapun termasuk aktivitas seksual. Mereka yang bugar juga mempunyai dorongan seksual/libido yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Namun karbohidrat yang tidak terpakai dapat tertimbun menjadi lemak. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat juga perlu diperhatikan agar tak jadi kegemukan. Pasalnya wanita yang kelebihan berat badan (BB) atau kegemukan perpeluang tidak subur. Penyebabnya, sel-sel tertutup lemak dan kadar insulin naik. Karena itu wanita gemuk harus menurunkan BB-nya agar berpeluang lebih besar untuk bisa hamil. Selain itu wanita hamil dengan kelebihan BB lebih berpotensial mengalami keguguran dibandingkan wanita seusia dengan BB ideal. Kegemukan juga dapat menurunkan libido pada pria dan wanita.

Agar tak jadi gemuk, hindari karbohidrat sederhana yang terdapat pada gula, sirop dan permen. Lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang akan dimetabolisme secara lengkap oleh tubuh sehingga tak menumpuk jadi lemak. Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, ubi merah, pisang, gandum atau biji-bijian seperti jagung.

2. LEMAK

Lemak berfungsi sebagai sumber energi paling padat yang menghasilkan 9 Kkal untuk setiap gramnya, yaitu 2.5 kali lebih besar dari energi yang dihasilkan karbohidrat dan protein dalam jumlah sama. Untuk itu seperti halnya karbohidrat, konsumsi lemak pun harus dibatasi agar dapat menjada BB ideal. Hindari makanan tinggi lemak jenuh seperti lemak ayam, sapi, dan makanan yang digoreng karena berpotensi membentuk plak pada pembuluh darah, termasuk didaerah genital. Bila ini terjadi, tentunya juga dapat mempengaruhi gairah seksual.

Namun, jangan terus mengabaikan karena lemak juga berfungsi sebagai peningkat atau pembangkit gairah seksual. Khususnya lemak tak jenuh, seperti yang terdapat pada cokelat dan avokad.

3. PROTEIN

Protein berfungsi untuk memelihara sel2 dan jaringan. Salah satu yang bermanfaat sebagai zat penyubur terutama pada pria adalah kelompok asam amino. Asam amino yang penting bagi kesuburan pria adalah asam amino esensial, arginin, dan triptofan. Arginin dapat mencegah kemandulan, memperkuat daya tahan hidup sperma, dan membantu membuka aliran darah pada alat kelamin sehingga membangkitkan gairah.

Asam amino terdapat pada kuning telur, susu, daging merah, ikan, tiram, kerang-kerangan, belut, kacang kedelai, tahu, dan tempe. Arginin terdapat pada cokelat, havermut, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, daun kemangi dan seafood. Sedangkan triptofan yang dapat memacu produksi serotonin dan bersifat menenangkan saraf sehingga dapat memacu gairah seksual, terdapat pada cokelat, kalkun dan susu.

4. VITAMIN

Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya dibentuk oleh tubuh sehingga harus didatangkan dari makanan. Ada beberapa kelompok vitamin yang dipercaya dapat berfungsi sebagai penyubur baik pada pria maupun wanita, yaitu:
» Vitamin A

Vitamin A dalam bentuk retinol dan retinal berperan dalam sistem reproduksi pria dan wanita. Pada pria, vitamin A berperan dalam pembentukan sperma sedangkan pada wanita berperan dalam pembentukan sel telur, sehingga sel telur maupun sperma akan lebih siap bersatu. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin A juga mampu menangkal serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur. Bahan makanan yang diketahui tinggi kandungan vitamin A adalah hati, susu, kuning telur dan keju.
» Vitamin B Kompleks

Mengandung semua vitamin B (B1, B2, Niasin, Biotin, B6, B12 dan folat), sangat berperan dalam pemulihan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sistem reproduksi, serta mengaktifkan hormon kelamin pria. Vitamin B kompleks juga mengandung asam folat yang memiliki khasiat untuk mempersiapkan pembuahan sel telur pada wanita dan mempengaruhi pembentukan sperma, juga mendorong nafsu seksual pada pria maupun wanita. bahan makanan sumber vitamin B kompleks antara lain sayuran berdaun hijau, ikan, hati, susu, daging, kepiting, kerang, tuna, kacang-kacangan dan telur.
» Vitamin C

Merupakan antioksidan yang tangguh dan salah satu faktor penentu kesuburan. Ia membantu menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat gizi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bagi pria, antioksidan ini memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas merusak lapisan pembungkus sperma. Kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan sperma menggumpal yang tentu saja berpengaruh pada kemandulan. Beberapa studi juga membuktikan, mengonsumsi vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. “Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran2 sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma,” kata Larri

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda